Rabu, 08 Mei 2013

Resep Apel Strudel Ibu Mertua :D

Sabtu kemarin, aku sempatkan bikin apple pie dan apel strudel. Tadinya sih bikin apel pie buat adekku yang mau berangkat ke Sukabumi hari Minggunya. Berhubung dia belum pernah makan apel pie, ya aku bikinin deh. Masa kakaknya tukang jualan apel pie, adeknya belum pernah makan. hihi.

Setelah Fatih bisa boci alis bobo siang, akhirnya sempet ke pasar deh buat belanja belanji. Eh taunya apel lagi muraaah. Lebih murah dibanding kemarin-kemarin waktu harganya luarrr binasaaa itu sih. Kalo dibanding harga normal ya masih mahal juga.

Awalnya karena takut apel fuji masih mahal, coba beli apel malang deh. Tanya-tanya ternyata sekilonya 25ribu. Eh ada apel fuji, iseng-iseng nanya aja berapa, wooough ternyata harganya jadi 30ribu sekilonya. Padaha; kemarin-kemarin sempet 50 ribu sekilonya looooh!! tuing tuing. Sampe pas ada pesenan bingung ngasih harganya.

Akhirnya, karena murah meski gak meriah beli apel malang sekilo, apel fujinya juga sekilo. Sengaja juga pengen nyobain pake apel malang yang dicampur apel fuji. Kalo apel fuji kan manis-manis sepet, kalo apel malang sepet-sepet asem. hayooo apa bedanya hayooo. :D

Eh ada cerita lucu dikit. Kan sebelumnya Ayah mau ke Matahari tuh beli belanja bulanan. Ya udah deh aku titip apel aja sekalian. Soalnya karena panas banget hari itu, Ayah gak jadi ngajak kita ke Matahari deeh. Namanya juga orang laki yaa.. Dititipin apel fuji eeeh yang dibawa pulang malah apel sweet delecious. Aku bilang iiih itu kan mahal, Yah. Terus Ayah bilang pantesan mahal, abis disitu tulisannya apel fuji sih. hihih. Jadilah si sweet del itu dimakan kita-kita.

Akhirnya setelah berjibaku di dapur pas hari lagi panas-panasnya, jadilah si apel pie dan apel strudle. Setelah apel pie-nya mateng, adekku bilang boleh dimakan gak nih. Laaah. Itu kan rencananya buat dibawa ke Sukabumi. Ya sudahlah yaa, sudah menjadi haknya adikku tu apel pie ya terserah mau diapain sama dia. Akhirnya tu apel pie dimakan deh sama mamahku, ibu mertuaku, si Ayah, dan aku  tentunya. hihi. Terakhir cuma tinggal sepotong doang tuh si apel pie.. hihih.

Apel strudel-nya aku bikinnya gak digulung semua terus dipotong-potong. Tapi, langsung dipotong-potong terus diisi apelnya. Jadinya bisa perpotong gitu pas jadi dan gak perlu dipotong-potong lagi sehingga hasilnya rapiii. Hasilnya gariiiiing. Bahkan sampe besok paginya meski gak dimasukkin tempat tertutup tetap garing meski gak terlalu garing. Resepnya aku pake resep dari ibu mertuaku. Ini resepnya bisa dicontek looh silakan. Jangan lupas sertakan link blog ini yaaah.  :)

Aple Strudle
Resep : Ibu Mertua :D


Kulit Puff Pastry
500 gram terigu cakra
75   gram margarin
garam secukupnya
2  butir telur
air es diberi perasan jeruk nipis
5 sendok makan munjung gula pasir
250 gram korsvet

Bahan Isi
Satu kilo apel, iris tipis-tipis
100 gram kismis
100 gram gula palem
bubuk pala secukupnya
bubuk kayu manis secukupnya
dua sendok munjung terigu
dua sendok munjung maizena

How To
Masukkan semua bahan kulit kecuali margarin dan korsvet. Uleni sampai rata. Lalu masukkan margarin. Uleni lagi sampai kalis. Bulatkan adonan, masukkan kulkas kurleb 30 menit.

Keluarkan adonan. Gilas dengan rolling pin dengan bentuk persegi panjang. Taruh korsvet di atas adonan. Kalau korsvetnya lembek juga tidak apa-apa. Tinggal sebarkan saja di atas adonan.

Untuk menaruh korsvet ini perlu teknis khusus agar layer terbentuk sempurna. Aku ceritanya males ke panjangan. hihihi. Bisa tanya ke om gugel deh gimana cara naro korsvetnya. Atau kalau mau liat di Mbakyu Tub. :D

Lipat-lipat adonan yang sudah diberi korrsvet, gilas lagi. Masukkan ke dalam kulkas kurleb 15 menit. Ulangi hal yang sama sampai 3 kali.

Gilas adonan sampai tipis, tapi jangan terlalu tipis. Masukkan bahan isian. Bentuk sesuai selera. Jangan lupa kerat-kerat bagian atasnya supaya udaha yang terperangkap bisa keluar. :)

Eeeh lupa. Bahan isinya begini nih bikinnya.

Iris-iris apel. Rendam dalam air yang sudah diberi perasan jerup nipis.
Buang airnya. Masukkan gula palem, kismis, kayu manis, pala bubuk. Rebus sampai apel agak layu. Jangan tambahkan air yaaa karena nanti keluar air sendiri dari apel dan gulanya.
Lalu masukkan terigu dan maizena, aduk cepat jangan sampai menggumpal. Kalo cara yang warasanya sih terigu dan maizenanya dilarutkan dulu dengan air baru dimasukkan ke adonan isi. Tapi ini cara sesatnya yah sodara-sodara tapi jadi juga kooook meski harus punya keterampilan mengaduk secepat mikser. lebaaay!  :D
Masak bahan isi sampai air habis.

Panggang pastry berapa menit ya.. Umm sebentar deh pokoknya. Pakai suhu 180 derajat. Kira-kira sampai pastry berwarna coklat ya. Oh ya lupa sebelum dipanggang oleskan kuning telur dulu yaaa. Terus taruh di loyangnya jangan deket-deketan nanti cinlok! :D Maksudnya nanti pada mekar terus nempel deeh.

Sudah matang? Siap dimakan malam-malam ketika perut keroncongan setelah menyusui si Fatih. :D





Ini dia Apple Pie yang sisa sepotong ituuuu.. hihihi














7 komentar:

  1. Balasan
    1. Eh maaf Mba Dianis saya baru baca komennya. hehe. Maaf gaptek.
      Korsvet itu pastry margarine. Kalau ke toko bahan kue bilang aja korsvet pasti tahu kok. Korsvet digunakan untuk membuat lapisan pada pastry. Jadi nanti hasilnya berlapis-lapis, tiap lapisnya terpisah satu sama lain, dan renyah.

      Di Indonesia lebih banyak digunakan pastry margarine (nabati), meski di luar ada juga yang terbuat dari hewani. Di TBK besar ada juga yang menjual korsvet dari hewani. Tentu saja harganya lebih mahal yang dari hewani dibanding nabati. Kalau pakai yang nabati meski berlapis masih bersisa rasa mengendal di lidah.

      CMIIW.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ijin Save resepnya ya Mba. Tqs

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Mba. Buat kulitnya bisa pake yg instant? Buat pemula ky sya kyaknya rawan gagal :D
    Mksih Mba.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Mba. Buat kulitnya bisa pake yg instant? Buat pemula ky sya kyaknya rawan gagal :D
    Mksih Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam, Mba.. Kayaknya sih bisa ya. hihih. Tapi entah gimana hasil akhirnya. Semangaat ya, Mba.

      Hapus