Senin, 18 November 2013

Semua Serba-Serbi Homemade untuk Si Kecil

Posting kedua di hari Senin santai ini.. Hihih
Maklum lagi nggak banyak kerjaan di kantor, jadi sempet deh posting blog yang mulai disarangin gonggo aka laba-laba ini.. *pembelaandiri

Nah nah nah
Karena aku lagi semangat lagi update blog, kali ini mau share resep homemade buat si kecil dan si besar yang mau bergaya hidup sehat. :)

Salah satu resep andalan dapur @justypie adalah Sosis Sapi Homemade!
Ibu-ibu pasti ngalamin kaaan di rumah si kecil suka banget sama sosis. Bahkan, si kecil yang udah sekolah sering kali kedapatan membeli jajanan sosis goreng yang dijual oleh tukang sosis goreng keliling. Pernah liat nggak sih warna sosisnya? Meraaaah banget yaa. Nggak nyalahin si tukang sosis goreng kelilingnya sih karena dia pasti cuma pengen jualan. Yang harus disalahin ya tentu aja produsen sosis berbahayanya itu yang tega-teganya masukin bahan-bahan berbahaya di dalam sosis itu.

Emang siih, efeknya nggak langsung dirasakan pada sebagian anak. Tapi, bahan pengawet berbahaya semacam boraks dan formalin kalau terkonsumsi terus-menerus dapat merusak ginjal loh. Belum lagi bahan pewarna non food grade-nya. Tapiii eh tapiiii, sebagai orang tua kadang suka kalah ya kita sama keinginan anak. Bahkan ada beberapa anak yang nggak mau makan dengan lauk lain selain sosis. Nggak mau anaknya kelaparan, akhirnya orang tua ngalah deh beli sosis kemasan..

Meski sosis kemasan sudah mendapat izin BPOM RI dan sertifikasi halal dari MUI, tapi tetap saja dooong namanya makanan kemasan pasti ada saja bahan pengawetnya meskiiii bahan pengawetnya merupakan bahan pengawet yang sudah lolos pemeriksaan BPOM RI.

Tapi eeeh tapiii, sebagai orang tua yang peduli kesehatan anak, bisaa dong sesekali membuatkan si kecil sosis sendiri. Cukup simpan di freezer, insya Allah sosis homemade buatan sendiri bisa tahan sampai 3 bulan loh. Asaaal, jangan keluar-masuk dan dilelehkan-dibekukan berulang kali loh. Sama aja sih perlakuannya seperti daging sapi/ayam/ikan yang kita taruh di freezer. Lebih cepat habis, lebih baik. Kalau habis? Bikin lagi doooong. Kalau males dan nggak ada waktu? Ya peseeeen dong sama @justypie :) *Jualan

Nah ini resepnya Sosis Sapi Homemade ala JustyPie

Bahan
250 gr daging sapi giling tanpa lemak/sedikit lemak
2 sdm (munjung) tepung sagu tani
Putih Telur dari satu butir telur
Gula Pasir sesuai selera
Garam sesuai selesa
Pala Bubuk sesuai selera
Merica Bubuk/Lada Hitam Bubuk sesuai selera
Satu siung bawang putih
Casing Sosis Halal dan Food Grade
Note : Penambahan bumbu bisa diubah sesuai selera

Cara
Giling daging sampai haluuuusss sekali menggunakan food processor atau blender. Karena belum bisa beli food processor yang harganya aduhai itu, aku sih selalu bikin pakai blender aja meski ngegilingnya harus sedikit-sedikit.

Nah, pada saat menggiling daging ini, ada yang menggunakan es batu (dimasukkan bersama daging). Tapi, karena aku cuma pakai blender kering yang kecil takut rusak kalau dimasukkan es batu, aku nyiasatinnya dengan daging gilingnya dibekuin dulu (agak beku) sebelum diblender.

Masukkan deh bahan-bahan lainnya bersama campuran daging.

Udah haluuuuursss semua, masukkan ke dalam casing sosis menggunakan plastik segitiga/piping bag. Gunting ujungnya, jangan terlalu besar, maksimal tidak melebihi ukuran diameter casing sosis.

Pada saat memasukkan adonan ke dalam casing inilah yang paling sulit. Untuk industri besar, mereka punya alatnya sendiri untuk memasukkan adonan ke dalam casing sosis. Nah, karena nggak punya alatnya, jadi harus ekstra sabaaar buat masukkan adonan ke dalam casing sosisnya. Soalnya, kalau terlalu kuat casingnya bisa robek. Sedangkan kalau terlalu lemah nekan piping bag-nya, adonan nggak bisa masuk hingga penuh dan bergelembung/ada celah di dalam casing sosisnya.

Oh ya, casing sosisnya aku pakai casing sosis halal dan food grade. Halal itu penting sebagai Muslim. Food grade juga sangat penting karena kalau pakai plastik es takutnya nggak bebas BPA. Jadinya yang mau sehat dengan homemade malah jadi terkontaminasi BPA. Belinya di mana? Bisa gugling dengan keyword casing sosis halal, insya Allah ketemu web-nya. Maaf saya nggak jualan casing sosisnya. :)

Setelah dimasukkan ke dalam casing dan diikat setiap ujungnya dengan tali kasus, sosis dicelupkan ke dalam air mendidih, lalu tutup pancinya. Angkat setelah kurang lebih 30 menit. Sosis ini harus dimasak lagi sebelum dikonsumsi yaaa.

Selamat berjibaku di dapur yaaa.
Sekali lagi kalau nggak mau repot bisa pesan ke @justypie yaaa. :D Sosis sapiii sosis sapiiii...

JustyPie
Ini dia penampakan Sosis Sapi Homemade ala JustyPie sebelum direbus



Sosis Sapi Homemade dan Bakso Sapi Homemade ala JustyPie setelah matang


Nugget Ayam ala JustyPie (Tersedia Original, Keju, dan Wortel/Brokoli)

Bakso Ikan ala JustyPie




Tidak ada komentar:

Posting Komentar