Selasa, 21 April 2015

Resep dan Cara Membuat Serabi a.k.a Surabi


Maaf kalau fotonya amatiran ya. hihih. Pengen gaya biar kayak food photographer senior tapi apa daya properti terbatas jadi sekalian aja deh tunggu/cetakan serabinya ikut difoto. :D Maafin juga kalau pake piring ceper bukannya pake mangkok karena kalau pake mangkok cahaya alami dari mataharinya gak dapet. Yah, better lah yaaaa dibanding foto-foto sebelumnya. hihi

Nah, sekarang kita ngomongin resep. Berawal dari orderan serabi untuk acara di TK anaknya temenku. Bu guru di sekolah anak temenku itu mintanya serabi. Mungkin maksudnya supaya anak-anak mengenal makanan tradisional kali yaaa. Tapi aku sangsi anak-anak TK bakalan suka serabi. hihihi. Tapi namanya pesenan ya tetep harus dikerjakan kan?

Trial resep serabi udah berkali-kali belum didapet yang cocok. Awalnya pake cetakan kue lumpur, hasilnya gak bagus, gak berpori meski rasanya udah serabi banget. Ndilalah temennya suami di kantor lama add saya di facebook untuk tanya-tanya resep kue. Ternyata dari hasil cerita-cerita dia juragan serabi di kantornya. hhihi. Akhirnya, sayalah yang berguru kepadanya.

Dari obrolan didapat kesimpulan harus menggunakan tungku tanah liat untuk memasak serabi agar dihasilkan serabi yang teksturnya berpori. Akhirnya, saya beli juga deh tungku serabi di pasar. Alhamdulillah ada. Beli deh dua tungku tapi ternyata cuma bisa pake satu tungku. Bukan karena tungkunya jelek atau rusak, tapi api di kompor gak sama. 

Tungku kompor yang satu apinya api lilin jadi bisa untuk masak serabi ini yang memerlukan api keciiil. Sedangkan tungku yang satunya lagi apinya nyebar, jadi kalau dikecilin serabinya gak mateng-mateng dan teksturnya bantet. Sebaliknya kalau digedein, serabinya gosong. 

Ya sudahlah jadi saya bikin pesenan 120 pcs serabi dikerjain dengan satu kompor saja selama hampir 8 jam, Sodara-sodaraaa. hahahaha. Itu juga kurang puas sih sebetulnya dengan hasilnya yang menurutku masih agak gosong. Tapi kalau dikecilin lagi apinya duuuh mau sampe kapan matengnya tuh serabi?! hihi

Alhamdulillah akhirnya jam 1/2 delapan pagi serabinya sudah jadi semua. Karena gak ada yang bisa dimintain tolong untuk anter, akhirnya suami yang anter sembari berangkat kerja. Makasih yaaa suamikuuu. 

Berikut aku cantumlan resepnya yaaa. Resep asli dari Mas Sandy, teman suamiku yang juragan Serabi hasil tanya sana-sini. Tapi menurutku resep asli Mas Sandy masih agak keras kalau dikonsumsi anak-anak. Jadi aku modifikasi lagi perbandingannya. 


Serabi ala JustyPie 

Bahan 
300 gr terigu serbaguna 
300 gr tepung beras 
1/4 kelapa muda parut (bukan kelapa muda yang buat es ya, tapi kelapa muda parut)
800 ml santan sedang 
1 sdt garam 
1 sdm gula pasir 
1 sdt ragi instan 

Cara Membuat
Masak santan terlebih dulu sampai mendidih. Aduk terus agar santan tidak pecah. Santan direbus terlebih dulu sampai mendidih berguna agar serabi tidak lekas basi. Biarkan hangat, sisihkan.
Kukus dulu kelapa muda parut. Fungsi dari pengukusan ini juga agar serabi tidak lekas basi. Sisihkan. 
Campur santan yang sudah hangat suhunya dengan gula pasir dan ragi instan. Biarkan sampai muncul buih.
Campur santan dengan tepung beras dan tepung terigu ke dalam santan. Aduk rata.
Masukkan kelapa muda parut. 
Masukkan garam. Aduk rata. 
Diamkan adonan selama 15 menit. 
Masak dengan tungku serabi yang sudah dipanaskan. *Tungku yang sudah panas akan mengeluarkan bunyi ceeessss saat adonan serabi dituang.
Kecilkan api, tunggu sampai muncul gelembung di permukaan serabi kemudian tutup tungku. Masak hingga matang. 


Nah gimana? Mudahkan? Memang harus sabar masaknya.
Serabi ini bisa disajikan dengan kuah kinca gula aren seperti foto saya di atas atau dengan keju maupun coklat seperti yang dipesan teman saya.
Selamat mencoba yaaa. :)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar