Selasa, 29 April 2014

Godaan Si Apple Pie




Dulu, pertama kali makan Apple Pie buatan Ibu Mertua, rasanya itu adalah makanan terenak seeeee dunia. Soalnya, komposisi dalam Apple Pie itu benar-benar sesuai selera saya. Ada manis, ada asam, ada asin, ada yang seger-seger, ada wangiiiiii yang selalu menggoda.

Sampai akhirnya saya coba terima pesanan Apple Pie setelah beberapa kali berhasil membuat sendiri. Meski udah sering bikin Apple Pie ini entah kenapa saya selaluuuu saja tergoda dengan wangi Apple Pie yang keluar dari oven. Duh, kalau tidak ingat itu buat pesanan, pasti sudah saya lahap sendirian satu loyang besar!! :D

Bahkan, saking sukanya sama si Apple Pie ini, kalau ada yang pesan Apple Pie kadang adonannya saya lebihkan untuk dimakan sendiri bersama keluarga. Rasanya, tersiksa sekali ketika bikin Apple Pie dan mencium wangiiiii kayu manis yang berpadu dengan pala dan gula palem, tidak bisa ikut merasakan manis, gurih, segarnya si Apple Pie. Apalagi, menurut saya, Apple Pie yang baruuu saja keluar dari oven itu sangat-sangat nikmat. Bayangin aja, lembar-lembar tipis apple yang lembut bersalut gula palem yang terkaramelisasi. Duh, ngeces!!

Untuk ngedapetin rasa yang bener-bener bikin air liur netes sebelum si Apple Pie itu masuk mulut, kita butuh perjuangan keraaaaas. Karena bikin Apple Pie ini step-stepnya buaaanyaaak.

Pertama-tama, kita harus ngulenin adonan.
Bukan ngulenin biasa, tapi kita harus pakai alat khusus yang namanya Pisau Pastry. Kalau nggak punya Pisau Pastry, bisa kita pakai dua buah pisau atau dua buah spatula. Alat tersebut fungsinya untuk "mencacah" adonan tanpa perlu terkena panas dari telapak tangan kita. Kunci untuk menghasilkan adonan kulit pie yang renyah yaitu adonan tidak boleh terlalu sering terkena panas dari tangan kita saat membuat adonan.

Jadi, mentega atau margarin yang terperangkap dalam adonan tepung, diharapkan akan menciptakan ruang-ruang ketika dipanggang/dioven. Hal itulah yang bikin kulit pie jadi renyaah dan ngeprul. Nah, kalau sekaraaaang sih gampil. Tinggal nyalain si food processor langsung jadi deh itu adonan pie. hehehe. Baru tau ternyata FP bs buat bikin adonan pie. hihih

Nah, kunci Apple Pie yang enaaaaak itu ada pada adonan filling pie. Adonan filling apel harus basah tapi tidak membuat kulit pienya ikut-ikutan basah. Nah loh? Gimana coba? Hihi. Jadi, kalau saya sih membuat adonan filling Apple Pie tidak pernah dimasak terpisah. Adonan filling cukup saya campur jadi satu pada suatu wadah dan sesudah menyatu masukkan ke atas adonan kulit pie.

Untuk membuat adonan filling "basah", kita bisa tambahkan margarin atau mentega ke dalamnya 
sehingga ketika dipanggang, adonan tersebut pun ikut dimasak dan margarin/butter di dalamnya meleleh bikin tampilan lezaat hehe. Satu hal yang perlu diperhatikan. Gula pada adonan filling harus dimasukkan paling belakang/terakhir menjelang Apple Pie dimasukkan ke oven. Fungsinya supaya gula tidak keburu mencair dan membuat basah adonan kulit pie. 





Adonan Filling Dicampur Menjadi Satu Tanpa Perlu Dimasak Terlebih Dulu


Selama ini, yang menurut saya paling sulit saat pembuatan Apple Pie adalah membuat tutup adonan. Awalnya saya cuma membuat tutup adonan biasa. Lama kelamaan saya tahu cara yang lebih membuat tampilan pie cantik dengan mengepang adonan tutup.


Tutup adonan pie dibentuk kepang

Selain dibentuk kepang/berjalin/tikar, di web luar negeri sering juga saya lihat bentuk tutup pie yang unik-unik. Tapi sampai saat ini saya paling suka dengan bentuk tutup pie seperti ini saja. hehehe. (alasan sebenarnya sih males dan pengen buru-buru selesai hihih).

Setelah tahapan ini, kita tinggal mengoles tutup adonan pie dengan kuning telur. Panggang sampai kulit mengering dan berwarna coklat kekuningan.

Pie ala JustyPie siap santaaaappp. Nyouuum. 

Ya gitu deh step by step singkat pembuatan Apple Pie. Silakan dicoba yaaaaa. Kalau malas nyoba atau nggak ada waktu boleh loooh pesen sama JustyPie. hihihi. Sila kontak Pin BB 552789AC. :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar