Selasa, 21 April 2015

Let's Make Our Own Cupcakes, Mom! Resep Cupcake Hias Buttercream



Mom, tahu gak sih kalau bikin cupcake itu gampang. Ya, sedikit lebih susah dibanding membuat pisang goreng sih. :D 

Tapi selagi mommies punya mikser, insya Allah cupcakenya bakalan jadi kok. Sebab, pada dasarnya cupcake hanyalah bentuk yang lebih personal dari cake besar. 

Karena pada dasarnya cupcake sama dengan cake, jadi mommies bisa memakai resep cake apa pun untuk membuatnya. Bisa cake tipe spongecake, buttercake, atau bahkan chiffon cake. Yang menjadikannya sedikit berbeda adalah topping yang digunakan. 

Kebanyakan, cupcake dihias menggunakan buttercream yang dihias dengan sprinkle atau gula-gula. Dengan ukuran personal seperti cupcake dapat dipastikan tiap orang akan mendapatkan bagian yang sama rata tiap porsinya. Dapat cakenya iya, buttercream-nya juga, dan pasti dapat hiasannya. Tentu berbeda dengan cake ukuran besar yang kalau tidak bisa memotong dengan sama besar, akan ada bagian yang tidak mendapat porsi yang sama. #pengalamanpribadibanget :D 

Nah, untuk cupcake dengan frosting buttercream biasanya saya menggunakan resep spongecake. Meski sebetulnya sangat tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan resep lain. Sedangkan untuk hiasan menggunakan figurine Fondant, biasanya saya pakai resep buttercake yang lebih padat agar figurinenya tidak mblesek (bahasa apa ini yaa) ke bawah. 

Berikut ini salah satu simple cupcakes yang pernah saya buat untuk pesanan ulang tahun teman kantor (dulu). Hias buttercream dengan sprinkle yang terbuat dari fondant. 

Semoga berguna buat mommies yang ingin coba membuat Cupcake sendiri untuk ulangtahun putra-putri mommies yaa. Kebayang kan mata malaikat kecil mommies berbinar-binar saat melihat cupcake buatan sendiri. Atau kalau ulangtahun mereka sudah lewat, membuat Cupcake bersama si kecil dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan di akhir pekan loh, Mom. 

Resepnya saya sertakan di bawah ya. 
Atau kalau mau lihat lengkap beserta trick-nya silakan meluncur ke sini



      

Berikut salah satu resep Sponge Cake yang sudah dimodifikasi oleh saya dari Buklet Sajian Sedap.

Basic Sponge Cake ala JustyPie 

Bahan
5     butir telur
150 gr gula pasir
200 gr terigu serba guna
150 gr margarin/butter dicairkan
1/2  sdm TBM
1/2  sdt  Vanilla Susu Larome (optional, bisa diganti vanilla lainnya)
1     sdt softener cake (optional, bisa tidak digunakan)

Cara Membuat 
-Masukkan telur, gula pasir, dan TMB ke dalam mangkuk adonan. Kocok dengan speed tinggi sampai adonan berubah menjadi kental, putih, berjejak, dan mencampai konsistensi Jambul Petruk.
-Masukkan terigu dan vanilla susu larome dengan cara diayak. Bisa juga masukkan sedikit demi sedikit kalau menggunakan terigu kemasan karena lebih kering. Aduk dengan spatula atau kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata.
-Masukkan Cake Softener (Aku merk Diva sudah ada lebel Halalnya)
-Matikan mikser
-Masukkan margarin yang sebelumnya sudah dicairkan sedikit demi sedikit. Aduk dengan teknik aduk balik hingga tercampur rata. Pastikan tidak ada margarin yang mengendap di dasar mangkuk.
-Masukkan ke dalam loyang (saya pakai loyang tulban diameter 25cm hasilnya tidak terlalu tinggi) yang sudah dioleh margarin dan diberi terigu tipis-tipis.
-Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dulu. Panggang selama kurang lebih 25-30 menit dengan suhu 180 derajat celsius. Bila menggunakan oven tangkring gunakan api sedang.
-Tes tusuk menggunakan tusukan gigi. Bila adonan sudah tidak menempel di tusukan gigi, artinya cake sudah matang.

Note : Untuk membuat Sponge Cake Marmer, sisakan adonan sedikit lalu campur dengan pasta coklat sampai rata, tuang adonan coklat ke dalam adonan putih yg sudah dituang terlebih dulu. Lalu putar-putar adonan coklat dengan tusuk gigi hingga membentuk corak marmer.


Sedangkan resep buttercream yang saya gunakan hanya sebagai berikut 


Resep Butter Cream Ekonomis ala JustyPie

Bahan
250gr margarine putih/shortening
1 kaleng susu kental manis (saya pakai frisian flag gold lebih enaaak dan creamy)
2 sdm margarine
essence vanilla secukupnya
pewarna secukupnya

Cara Membuat 

Kocok semua bahan menjadi satu dengan kecepatan tinggi sampai adonan lembut
*note : kalau mau tambah enak bisa ganti sebagian shortening dengan butter atau campur butter cream dengan butter cream siap pakai yang enak seperti Hollman



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar