Rabu, 17 Mei 2017

Tips Membuat Selai Nanas untuk Nastar

Ketika bakul kue kering lain udah nyebar tester, saya malah baru bikin selai nanas untuk nastarnya dooong. :D
Mau sharing sedikit soal selai nanas ini.
Untuk membuat selai yang kres-kres saat tergigit, jangan blender nanas. Jauh lebih baik nanas diparut menggunakan parutan kelapa.
Jangan potong bonggol nanas, supaya saat memarut nanas bisa memegang bonggolnya tanpa takut tangan terparut.
Parut nanas beserta bagian tengahnya agar hasil selai lebih bertekstur.
Tidak perlu menambahkan air pada parutan nanas karena nanas akan mengeluarkan lebih banyak air sehingga akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membuat selai kering.
Masukkan gula saat selai mulai berkurang kandungan airnya agar selai tidak cepat keras mengkaramel. Selain itu, penambahan gula saat selai sudah sedikit airnya juga mencegah adonan selai meletup tinggi saat dimasak.
Demikian tips sederhana dari saya. Ada yang lain? Mungkin para master kue kering bisa menambahkan. :)
*postingan ini juga saya post di grup NCC dan Langsung Enak di Facebook. Jumlah likenya lumayan untuk sekelas saya di NCC sekitar 300-an di LE hampir 800 like. Alhamdulillah. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk para homebaker yang hendak membuat selai nanas.
Dari sharing di kedua grup masak terbesar di Indonesia tersebut, saya juga mendapatkan tips lainnya. Berikut saya rangkumkan tips tambahan dari grup NCC dan Langsung Enak di Facebook.
Tambahkan margarine sesaat setelah selai masak agar selai mudah dipulung/dibulatkan.
Nanas bisa diblender tapi jangan tambahkan air saat memblender. Kalau terpaksa menambahkan air, saring air nanas baru kemudian masak selai.
Selain menambahkan kayu manis, beberapa member kedua grup tersebut juga ada yang menyarankan untuk menggunakan pandan sebagai pewangi.
Untuk mencegah selai cepat berjamur, beberapa member grup NCC dan Langsung Enak menyarankan untuk menambahkan air jeruk nipis ke dalam adonan selai.
Demikian tips membuat selai nanas untuk nastar. Semoga bermanfaat dan sukses membuat nastarnya yaaaa. Salam semangat!!!
#justypie #tipsdapur #nanas #selainanas #nastar #membuatselainanas #selaiuntuknastar #NCC #LangsungEnak #LE

1 komentar: