Minggu, 07 Mei 2017

Banana Bread Tanpa Mikser

Pernah baca buku kumpulan cerita Dewi Lestari yang berjudul Madre?




Di salah satu cerita dalam buku itu diceritakan tentang warisan berupa adonan biang roti yang dinamai madre atau ibu dalam bahasa Indonesia. Dari satu madre itu, toko Tan de Baker yang kemudian berubah menjadi Tansen de Baker, memproduksi aneka rotinya dari satu biang ragi berusia puluhan tahun itu.

Salah satu artisan bakery bernama Pak Hadi dalam cerita tersebut memperkenalkan saya dengan Banana Bread. Iya, Banana Bread, bukan Bolu Pisang. :D

Saat pertama kali membaca cerita itu, saya belum tertarik betul dengan dunia masak-memasak. Tapi sudah penasaran juga dengan si bukan bolu pisang itu.

Akhirnya setelah kemarin menyelesaikan pesanan Banana Cake (Tipe Sponge Cake), hari ini saya menyempatkan untuk membuat Banana Bread ini. Selain masih terdapat sisa Pisang Ambon Sukabumi, bahan-bahan lainnya juga lengkap tersedia di dapur dan cara membuatnya pun sangat mudah. Tanpa mikser sama sekali!

Jadi nggak ada alasan untuk tidak membuatnya deh. :)

Berikut saya tuliskan resepnya yang diambil dari web milik Stephanie Joy of Baking.

Banana Bread - Joy of Baking
Recook JustyPie
Bahan
1 cup (115 grams) Kacang-kacangan cincang (saya skip)
1 3/4 cups (230 grams) Terigu protein sedang
3/4 cup (150 grams) Gula Pasir (saya 70gr gula pasir + 60gr gula palem)
1 sdt Baking powder (saya BPDA)
1/4 sdt Baking soda
1/4 sdt Garam
1 sdt Kayu Manis Bubuk
2 btr Telur, kocok lepas dengan garpu
1/2 cup (113 grams) Mentega (saya pakai margarine), lelehkan
3 buah Pisang ukuran besar (saya pakai 4 buah pisang Ambon Sukabumi), hancurkan dengan garpu
1 sdt Vanilla
1/4 sdt Pala Bubuk (resep asli tidak pakai, tapi kalau resep Jamaican Banana Bread pakai pala juga)

Cara Membuat
-Campur rata terigu, baking powder, baking soda, gula pasir, gula aren, garam, kayu manis, pala bubuk dalam satu wadah. Sisihkan
 -Campur pisang yang sudah dilumatkan dengan margarine leleh dan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk rata. Masukkan ke dalam campuran terigu, aduk rata.
-Masukkan ke dalam loyang yang sudah dioles margarine dan ditabur dengan terigu (saya pakai loyang bronies ukuran paling besar)
-Panggang dengan api sedang (180 derajat celsius) selama kurang lebih 50-60 menit (tes tusuk).

Gampang kan? ;)
Selamat mencoba ya. Anak saya sekali makan habis 2 potong loh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar