Kamis, 15 Desember 2016

Cara Mengetes Kesegaran Telur

Pernah tidak saat hendak memasak menggunakan telur, ternyata salah satu telur busuk? Apalagi ketika sedang bersiap-siap untuk baking kue yang menggunakan banyak telur, eh tahunya salah satu telur busuk yang berakibat merusak semua telur yang sudah siap dikocok!
Kesel!

Selain buang-buang telur lain yang tercemar telur busuk, tentu saja kejadian itu bikin semangat baking lenyap seketika. Belum lagi kalau sedang dikejar waktu untuk menyiapkan aneka cake untuk suguhan tetamu yang hadir. Duh, menyebalkan!

Tapi tahukah Bunda, kejadian seperti itu bisa dicegah kalau saja Bunda mau sedikit bersusah payah untuk mengecek tingkat kesegaran telur. Ada beberapa cara untuk mengecek kondisi telur sebelum digunakan. Kali ini, JustyPie akan paparkan tiga cara mudah untuk mengecek tingkat kesegaran telur.

1. Masukkan telur ke dalam baskom berisi air. Pastikan baskom yang digunakan berbentuk cerukan besar dan terisi penuh dengan air. 
Telur yang masih bagus akan langsung tenggelam ke dasar baskom. Sedangkan telur yang sudah busuk akan mengambang.

Hal ini dikarenakan semakin lama usia telur, maka semakin banyak udara yang masuk ke dalam telur melalui pori-pori yang terdapat di cangkang telur. Telur yang masih segar mengandung sedikit udara, sehingga akan langsung tenggelam ke dasar baskom.

2. Dengarkan suara telur. 
Hah, telur bisa bersuara? Ih, seraaam!
Hehehe. Maksudnya, bukan bersuara seperti berbicara ya. Tapi suara yang dihasilkan dari dalam telur ketika kita mengguncangkan telur.

Caranya, dekatkan telur ke telinga lalu guncangkan telur perlahan. Bila tidak ada suara yang dihasilkan, maka telur tersebut masih segar. Sedangkan, telur yang berbunyi saat diguncangkan artinya telur sudah tidak segar.

Mengapa begitu? Karena telur yang berbunyi saat diguncangkan artinya posisi putih telur sudah tidak pekat atau kental.

3. Spin The Egg!
Cara yang terakhir ini juga bisa digunakan untuk memastikan kondisi telur masih segar. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan memutar telur di atas permukaan datar.

Telur yang masih segar akan berputar konstan. Sebaliknya, telur yang sudah tidak segar putarannya akan tidak beraturan. Cara ini menggunakan teori yang sama seperti cara mengetes telur No. 2 di atas.

Selamat mencoba ya, Bunda!


WhatsApp 08159529207
BBM 552789AC


#justypie #tipsdapur #cookingtips #jualkuepie#jualkueonlie #anekapie #piesusu #piebuah#quicheloraine #piedagingjamur #pieapel #applepie#pienangka #jackfruitpie #oleholeh#oleholehjakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar