Kamis, 15 Desember 2016

Gula Dulu atau Garam Dulu? Tips Dapur ala Chef Baek Jong Won

Bunda, suka nonton drama series Korea tidak?
Kalau saya sih nggak. :D Tapi saya nggak antikorea loh. Saya masih suka nonton acara-acara korea, terutama acara memasak. Salah satu acara masak-memasak ala Korea yang saya sukai, yaitu House Cook Master Baek yang ditayangkan di tvN.
Chef Baek yang Baik :D
Sedikit cerita, acara tersebut dipandu oleh Master atau Chef Baek Jong Won. Konon, Chef Baek sangat terkenal di Korea sana.
Mungkin pecinta Korea lebih tahu soal hal ini yaaa. Nah, di acara tersebut, Chef Baek mengajarkan selebitis laki-laki Korea yang datang ke acara tersebut untuk bisa memasak. Paling tidak, bisa memasak makanan-makanan simple dari bahan yang mudah didapatkan.
Saat memandu acara tersebut, Chef Baek sering menyelipkan tips-tips seputar memasak yang kadang bikin kita langsung mengeluarkan suara “ooooo” dari mulut. Hihihi
Dalam salah satu episode, Chef Baek menjelaskan bahwa saat memasak kadang kita bingung mau memasukkan garam dulu atau gula dulu. Oh iya untuk informasi saja nih, sedikit garam pada masakan manis dan sedikit gula pada masakan bercita rasa asin justru akan menguatkan rasa loh, Bunda. Beberapa orang mendeskripsikannya sebagai citarasa Umami. Seimbang alias pas!
Nah, Chef Baek saat itu menjelaskan bahwa sebaiknya saat memasak (cooking, bukan baking ya, Bund) lebih baik kita memasukkan gula terlebih dulu. Diaduk sebentar. Baru kemudian dilanjutkan memasukkan garam.
Kenapa begitu ya?
Dalam penjelasannya, Chef Baek mengatakan gula memunyai daya larut yang tinggi. Selain itu, gula dapat mengunci cairan dalam masakan. Sehingga kalau kita memasak tumisan, rasa sayur akan tetap renyah dan meminimalisasi keluarnya cairan dari sayuran segar.
Berbeda dengan gula, garam justru mampu memaksa cairan keluar dari bahan masakan. Itulah mengapa, saat kita mengolah daging-dagingan, garam digunakan untuk marinade atau membumbui sehingga air dalam daging keluar sehingga daging terasa lebih juicy.
Gimana? Sekarang kalau nonton Korean Chanel, jangan Cuma nonton K-drama saja ya. Hihihihi #piss
Semangat pagi!
*CMIIW buat para master
WhatsApp 08159529207
BBM 552789AC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar