Senin, 09 Januari 2017

Resep Bolu Sarang Semut/Bolu Caramel Jadul

-Bolu Caramel atau Bolu Sarang Semut-







Tetangga depan rumah, kalau ada acara keluarga alhamdulillah selalu pesan sama saya. Mungkin karena tiap hari dia liat tukang Gojek bulak-balik ambil pesanan ke rumah saya.

Yang dipesan tetangga saya ini macem-macem, seneng sih jadi merasa tertantang. Nah, kali ini bu Tetangga pesennya Bolu Caramel atau Bolu Sarang Semut.

Saya pakai resep yang dikasih sama Ibu Mertua saya. Masih ditulis pakai tulisan tangan di selembar kertas yang sudah kekuningan warnanya. Satuan ukurannya juga masih pakai gelas belimbing. Berhubung sudah tidak punya gelas belimbing, jadilah cari konversi berat ke gram.
Berikut resepnya yaaa. Hasilnya menul-menul kayak pantat bayik, jadi pengen cepet-cepet gigit. :D


Bahan Caramel 
-300gr gula pasir (2 gelas belimbing)
-2sdm air
-250 ml air panas
-200 ml air suhu ruang

Bahan Bolu -8btr telur
-150gr margarine, lelehkan
-200gr Susu Kental Manis (1/2 kaleng susu)
-220gr Terigu Protein Sedang (2 gelas belimbing)
-1sdt BPDA (Baking Powder Double Acting, resep asli nggak pakai)
-2sdt Soda Kue/Baking Soda

Cara Membuat 
-Lelehkan gula beserta 2sdm air sampai gula cair dan berwarna kuning kecoklatan
-Setelah gula berubah warna (hati-hati jangan sampai gosong) masukkan air panas sedikit demi sedikit. Gunakan spatula panjang atau whisk panjang agar terhindar dari letupan karamel panas. Aduk rata, sisihkan
-Aduk SKM dan margarine hingga rata, masukkan telur satu persatu, aduk rata
-Masukkan BPDA dan Baking Soda, aduk rata
-Terakhir, masukkan air, larutan karamel, dan terigu secara bergantian hingga habis
-Tuang ke dalam loyang tulban (saya diameter 26cm)
-Panggang dengan suhu 170°C selama lebih kurang 30-40 menit

Selamat mencobaaaa!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar