Rabu, 26 Oktober 2016

Resep Ikan Bakar Pak Yusuf Burhanuddin



Bapak saya meninggal sekitar satu tahun lalu. Beliau tidak meninggalkan banyak harta.
Tapi, beliau mewariskan kemampuan memasak kepada saya. Kemampuan dasar yang kadang diremehkan orang :) Padahal, tiap saat kira butuh asupan pangan. ;)
Beliau juga mewariskan pengalaman hidup yang teramat getir untuk kami anak-anaknya. Pengalaman hidup yang bisa menjadi pelajaran sangat berharga untuk saya.
Salah satu warisan beliau adalah resep ikan bakar ini. Never gone wrong.
Sangat lezat, gurih, meresap hingga ke bagian terdalam daging ikan. Tidak mengandalkan kecap dan margarine seperti kebanyakan resep ikan bakar. Dimakan dengan nasi hangat dan sambal kecap. Nikmat!
Suatu hari, saya bercita-cita membuka restoran ikan dan aneka boga laut bakar seperti mimpi Bapak saya. Mimpi yang harus terhenti saat itu.


Resep ini saya bagikan untuk Bapak Ibu sekalian. Semoga dihitung sebagai amal jariyah bagi Bapak saya. Insya Allah ada satu tempat terindah untuk Bapak di surga :) aamiin.
-Resep Ikan Bakar Pak Yusuf Buhanudin-
Bahan
*Dua potong ikan laut ukuran besar (saya pakai bawal laut satu kilogram)
*5 siung bawang putih
*10-20 butir bawang merah
*2 ruas jahe
*5 butir kemiri, sangrai
*2 batang serai
*garam
*merica
*penyedap rasa (optional)
Cara Membuat
*Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, dan kemiri. Tumis hingga harum.
*Masukkan serai
*Campurkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam ikan yang sudah disiangi.
*tambahkan garam, merica, dan penyedap rasa, diamkan kurang lebih setengah jam
*bakar ikan hingga matang di kedua sisi
*selama dipanggang, oleskan ikan dengan bumbu tumis yang tersisa
Sajikan dengan nasi hangat, sambal kecap, dan lalapan. :)
Semoga bermanfaat dan menjadi resep andalan keluarga Bapak Ibu semua. :)
#justypie #homebake #jakarta #indonesia #halal #pie #anekapie #kuepie#jualpie #pienangka #jackfruitpie #piedagingjamur #piebuah #piebrownies#piesusu #klappertarthalal #piemangga #pielabu #pieapel #applepie


---------

Oh ya, saya nggak nyangka loh tulisan ini mendapat 1000 lebih like ketika saya upload di grup Natural Cooking Club di Facebook.. Terharu juga, karena banyak yang mendoakan Bapak saya, padahal mereka kenal juga tidak dengan Bapak saya.. huhuu. Semoga Allah mengijabah doa-doa mereka. Aamiin. Dan yang lebih menyenangkan lagi, banyak yangg laporan bahwa mereka berhasil mencoba resep ini. Keluarga pun menyukainya. Bahkan ada yang bilang akan menjadikan resep ini, resep andalan mereka.. Saya benar-benar terharu. Semoga Bapak bahagia di sana, dikelilingi amalan baik. Aamiin. :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar